PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HARGA DIRI REMAJA RETARDASI MENTAL RINGAN MELALUI MODELING PARTISIPAN TEMAN SEBAYA

Endri Ekayamti

Abstract


Latar Belakang: Remaja Retardasi Mental (RM) di masyarakat menunjukkan masalah yang lebih banyak pada keterampilan sosialnya. Berbagai macam masalah bisa terjadi pada remaja RM sehingga keterampilan sosial menjadi penting didalam mengatasi permasalah sehari-hari meraka. Tidak optimalnya keterampilan sosial pada remaja RM dapat mengakibatkan munculnya masalah harga diri rendah. Masa remaja merupan tahap pencarian identitas sehingga perlu di latih dan di didik. Pada masa ini juga remaja perlu dipersiapkan untuk melakukan hubungan sosial di masyarakat, menjalin komunikasi terbuka dengan keluarga, dan mempersiapkan mereka memasuki dunia kerja. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-post control group, penelitian dilakukan pada 52 remaja RM ringan yang terbagi dalam kelompok perlakuan dan kelompok kontrol, dimana kelompok perlakuan diberikan intervensi modeling partisipan dengan bantuan teman sebaya yang dilakukan selama satu bulan. Hasil: Pada uji wilcoxon untuk variabel keterampilan sosial pada kelompok intervensi didapatkan nilai (p=0.000), kelompok kontrol (p=0,015), pada variabel harga diri kelompok perlakuan didapatkan nilai (p=0.000) sedangkan kelompok kontrol (p=0,005). Uji Man-Whitney  didapatkan nilai (p=0,005) pada keterampilan sosial dan (p=0,019) pada harga diri yang berarti terdapat perbedaan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Kesimpulan: Remaja RM dapat diberikan intervensi modeling partisipan melalui contoh model dari teman sebaya untuk meningkatkan keterampilan sosial dan harga dirinya.


References


American Association of Mental Retardation. 2010. About Mental Retardation. Dikutip dari http://www.aamr.org

Azwar, S. 2007. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bandura, A. 1977. Social Learning theory. Prentice-Hall: A Paramount Comunnications Company, New Jersey

Bandura, A., Robert. W., Jeffery and Eva, G. 1975. Generalizing Change Through Participant Modeling With Self-Directed Mastery. Behaviour Research & Therapy. vol 13.pp 141-152. Pergamon Press. Printed in Great Britain

Baumeister, R. F., Campbell, J. D., Krueger, J. I., & Vohs, K. D. 2003. Does high self esteem cause better performance, interpersonal success, happiness, or healthier lifestyles?. American Psychological Society, 4, 1–44.

Babakhani, N. 2011. The effects of social skills training on self- esteem and aggression male adolescents. Procedia - Social and Behavioral Sciences 30, 1565 – 1570. doi:10.1016/j.sbspro.2011.10.304.

Chan, J., Lang, R., Rispoli, M., O’Reilly, M., Sigafoos, J., & Cole, H. 2009. Use of peer-mediated interventions in the treatment of autism spectrum disorders: A systematic review. Research in Autism Spectrum Disorders, 3, 876–889.

Foley, K.R., Taffe, J., Bourke, J., Einfeld, S.L., Tonge, B.J., Trollor, J,. 2016. Young People with Intellectual Disability Transitioning to Adulthood: Do Behaviour Trajectories Differ in Those with and without Down Syndrome? PLoS ONE 11(7): e0157667. doi:10.1371/journal.pone.0157667.

Gresham, F. M., & Elliot, S. 1990. The Social Skills Rating System. Circle Pines MN: American Guidance Service

Kashani, P. A., & Bayat, M. 2010. The Effect of Social Skills Training on Assertiveness and Self-Esteem Increase of 9 to 11 Year-old Female Vol. 5,No. 2,Juni 2015 253 Students in Tehran, Iran. World Applied Sciences Journal, 9 (9), 1028-1032

Kazemi, R.S., Momenia, A. 2014. The effectiveness of life skill training on self-esteem and communication skills of students with dyscalculia. Procedia - Social and Behavioral Sciences 114. 863 – 866. doi: 10.1016/j.sbspro.2013.12.798.

Kearney, D.S., Olive, H. 2011. Investigating the relationship between challenging behavior, co-morbid psychopathology and social skills in adults with moderate to severe intellectual disabilities in Ireland. Research in Developmental Disabilities 32, 1556–1563. doi:10.1016/j.ridd.2011.01.053.

Laursen, E.K. 2005. Rather Than Fixing Kids-Build Positive Peer Cultures. Reclaiming Children and Youth. ProQuest Education Journals. (14):137—142

Licciardello, C. C., Harchik, A. E., & Luiselli, J. K. 2008. Social skills intervention for children with autism during interactive play at a public elementary school. Education and Treatment of Children, 31, 27-37.

Nursalim, M., dkk. 2014. Strategi Konseling. Surabaya : UNESA University Press.

Novitasari, Z., Hidayah, N., Andi, M.A. 2017. Keefektifan Strategi Modeling Partisipan Dalam Bantuan Teman Sebaya (Peer Helping) Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 2 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2017 Halaman: 363—370

Nofijantie, L. dan Fitriah, R. 2014. Terapi Behaviour Melalui Strategi Modeling partisipant untuk Mengatasi Siswa yang Tidak Berani Mengemukakan Pendapat Dikelas. Jurnal Kependidikan Islam. Volume 4, Nomor 1

Priastana, I. K. A. 2018. Pengembangan Model Keperawatan Manajemen Berduka Kronis Lansia yang Mengalami Kehilangan Pasangan di Komunitas Menggunakan Pendekatan Teori Chronic Sorrow (Universitas Airlangga). Retrieved from http://repository.unair.ac.id/73363/

Papalia, Old, & Feldman. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana

Roghanchi. M., Abdul R. M., See, C. M., Khoda, M. M., Mohsen, G. 2013. The effect of integrating rational emotive behavior therapy and art therapy on self-esteem and resilience. The Arts in Psychotherapy. 40.179–184. doi.org/10.1016/j.aip.2012.12.006.

Shea, S.E. 2006. Mental retardation in children age 6 to 16. Seminars in Paediatrics Neurology, 13, 262-270. doi:10.1016/j.spen.2006.09.010.

Smart, A. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat “Metode Pembelajaran & Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus”. Yogyakarta: Katahati.

Smith, K.R.M. & Matson, J.L. 2010. Social skills: Differences among adults with intellectual disabilities, co-morbid autism spectrum disorders and epilepsy. Research in Developmental Disabilities 31, 1366–1372. doi:10.1016/j.ridd.2010.07.002.

Stuart, G. W. 2009. Principles and Practice of Pshychiatric Nursing. (9thed). Louis Missouri: Mosby Elsevier

Susanto, A. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenanda Media

Van Hout and Emmelkamp. 2002. Encyclopedia of Psychotherapy. USA: Elsevier Science

Vatankhah, H., Darya, D., Vida, G., Nasrin, N. 2013. The effectiveness of communication skills training on self-concept, self-esteem and assertiveness of female students in guidance school in Rasht. Procedia - Social and Behavioral Sciences 84-885 – 889. doi: 10.1016/j.sbspro.2013.06.667.

Wu, C.H., Hurs, D.E., Walls, R.T., Stack, S.F., and Lin, I.A. 2012. The Effects of Social skills Training on the Peer Interactions of a Nonnative Toddler. Education and Treatment of Children Vol. 13, No. 3. 371-388

Yusuf, A, Nihayati, H.E., Krisna, K.K. 2017. Modeling Participant Toward Self-Care Deficit on Schizophrenic Clients. Jurnal Ners Vol. 12 No. 1 April 2017: 41-48




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v11i1.1525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id